Selasa, 26 September 2017

Digital Twin

Ilustrasi Digital Twin dari GE 

Digital twin merupakan sebuah model virtual yang dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis data dan prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada produktivitas perusahaan.
Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan sekitar, merespon setiap adanya perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai.
Digital Twin ini bertujuan untuk menciptakan kembaran mesin dalam bentuk digital untuk diambil datanya dengan lebih detail.
Digital twin bekerja pada 3 tahap, yaitu melihat, berpikir, dan melakukan.
  • Pada tahap pertama  “melihat”  yaitu mengambil data untuk menciptakan “kembaran virtual” yang bisa bekerja secara bersamaan. Pada digital twin perpaduan antara sebuah integritas sebuah software, hardware, fisika, dan pembelajaran mesin. Ini semua harus saling terintegrasi untuk menghasilkan sebuah keputusan yang dibutuhkan.  Caranya dengan menghubungkan peralatan industri dengan internet untuk mendapatkan data. Kemudian anda mengumpulkan data data tersebut dan memasukannya ke Digital twin. 
  • Pada tahap kedua “berpikir” yaitu Digital twin dapat melihat kolerasi dalam data yang diolah dengan machine learning. Apa saja yang sesungguhnya menyebabkan permasalahan. Dalam hal ini digital twin dapat merekomendasikan beberapa tindakan yang dapat dilakukan. 
  • Terakhir pada tahap ketiga yaitu “melakukan”. Keakuratan Digital Twin dilakukan dengan dua cara yaitu yang pertama dengan melakukan pengumpulan dari semua data dari Digital Twin dan membangun template dari koleksi data tersebut. Dengan membuat template dari mesin mesin pada industri tersebut pelanggan dapat melihat data sehingga pelanggan dapat memanfaatkan data  tersebut dengan cepat. Hal kedua yaitu dengan memprediksi. Ini berdasarkan platform cloud. Ketika anda menyimpan informasi di cloud, kemudian informasi tersebut dapat diakses pihak yang berkepentingan.
Kesimpulannya cara kerja digital twin pada dasarnya adalah melihat, berpikir, dan melakukan.
Melihat maksudnya adalah mengenai koleksi data. Jadi jika tidak mendapatkan data yang tepat, maka tidak dapat membuat keputusan yang tepat.
Berpikir maksudnya adalah tentang analisis. Analisis yang dapat diprediksi. Jadi pada dasarnya, gunakan data, bangun model-model Digital Twin, model-model ini dapat menjalankan informasi dari tiap mesin yang berbeda-beda.
Melakukan maksudnya adalah bagian pemeliharaannya, tindakan mengontrol mesin.

Digital twin memiiki empat jenis, yaitu : komponen (parts), mesin, proses, dan system.
Digital twin digemari oleh pelanggan karena efisiensi harga dan juga dapat membantu pelanggan untuk meningkatkan produktifitas dan keuntungan sebuah perusahaan.

Berikut ini contoh aplikasi dari Digital Twin :
1. ElectRx merupakan sebuah teknologi atau sistem yang dapat memonitor dan mengontrol proses biologis dalam tubuh melalui sistem saraf. Proses kerja ElectRx yaitu dengan memantau serta mencatat proses biologis dalam tubuh, kemudian dilakukan diagnosa yaitu proses evaluasi untuk menentukan kesehatan, selanjutnya dilakukan  perawatan yaitu proses pengobatan yang diperlukan. Dengan adanya teknologi pengontrol saraf akan membantu kita dalam pemulihan kesehatan tanpa diperlukannya operasi atau obat-obatan.



2. Hara Agriculture merupakan solusi digital untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan perkebunan yang menggunakan platform Predix. Ini adalah terobosan mutakhir buatan anak negeri , yakni Dattabot,dan risetnya sejak 2014. Pengguna solusi ini adalah petani, petugas penyuluh, dan perusahaan pertanian. Hara Agriculture bekerja dengan cara mengumpulkan data lahan melalui aplikasi bergerak, sensor Predix, nano satelit, dan pesawat nirawak, dan kemudian melakukan pengolahan data dan analisis.
Solusi tersebut sudah dipakai di lahan pertanian padi dan jagung seluas 1.500 hektar di Lampung dan Merauke. Pemilihan kedua lokasi ini bertujuan untuk mendapatkan hasil perbandingan. ”Melalui nano satelit, dengan memperoleh data citra satelit setiap hari, seperti indeks vegetasi dan kadar air. Hasil analisis akan menunjukkan riwayat lahan. Dari sana bisa diperoleh rekomendasi mengenai volume penggunaan pestisida dan pupuk yang tepat. Data hasil analisis dipakai tim dan pengurus pertanian untuk mengambil keputusan dalam pengelolaan lahan.


Sumber referensi :

     

2 komentar: